Fungsi Photoshop

Apa Saja Fungsi Photoshop? dan Inilah Fiturnya

Fungsi Photoshop – Kini Photoshop merupakan standar industri visual untuk para pembuat konten grafis. Bahkan, saat ini Photoshop merupakan salah satu perangkat lunak aplikasi editing yang diadakan di sekolah kejuruan pada seni desain grafis.

Fungsi Photoshop

1. Layer

Layer memudahkan para pengguna untuk menggambar dan mengkreasikan beragam elemen secara terpisah dalam sebuah lapisan. Lalu akan dikombinasikan sesuai urutannya.

2. Pengaturan warna

Pada palet warna, pengguna dapat menentukan bermacam- macam warna mode RGB, yaitu merah, hijau, dan biru.

Baca Juga : Apa Itu CorelDRAW Dan Apa Fungsi Beserta fiturnya

3. Pen tool

Pen tool sangat cocok untuk membuat bentuk dan mengedit apa saja sesuai keinginan.

4. Hue and saturation

Fitur hue and saturation merupakan salah satu fitur yang penting di Photoshop. Adanya Fitur ini yaitu untuk mengatur rona dan warna saturasi, merubah warna dan intensitas cahaya gambar, jadi gambar akan terlihat sangat alami.

5. Selection tool

Fitur ini adalah untuk lebih memudahkan pengguna ketika menentukan sudut atau garis tertentu yang akan diedit  dan jadi lebih detail.

6. Slice tool

Slice tool ini merupakan fitur yang disediakan untuk memenuhi keperluan memotong gambar menjadi beberapa bagian. Gambar yang telah dipotong biasanya akan digunakan untuk mengembangkan situs website, sampai kecepatan akses waktu pemuatan (loading) situs website akan menjadi lebih cepat dan ringan.

Tools yang sering digunakan yaitu:

1. History brush tool

History brush tool ini biasanya berfungsi untuk mengembalikan bagian gambar kedalam status riwayat yang sebelumnya dengan cara menyimpan history brush tool pada bagian yang akan dipulihkan.

2. Eraser tool

Tool ini biasanya sering digunakan untuk menghapus gambar yang tak diinginkan, salah satunya menghapus latar belakang supaya menjadi transparan.

3. Eyedropper tool

Fitur eyedropper tool ini digunakan untuk memilih warna yang hampir sama dengan gambar maupun dokumen Photoshop yang di klik.

4. Text tool

Text tool digunakan untuk menambahkan teks kedalam file. Pengguna dapat menggunakan teks ke berbagai proyek, dengan menambahkan gambar, membuat sebuah poster, postcard, ataupun undangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *