Apa Saja Manfaat 5G untuk Virtual Reality? - Iptek Digital
Manfaat 5G

Apa Saja Manfaat 5G untuk Virtual Reality?

Manfaat 5GAdanya 5G saat ini menjadi hal yang ditunggu- tunggu oleh banyak orang, karena dianggap memberikan banyak sekali manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satu nya yaitu penggunakan teknologi virtual reality (VR).

Apa itu 5G?

5G merupakan standar jaringan yang baru sesudah 1G, 2G, 3G, dan 4G. Dihadirkan dari awal oleh operator global, jaringan 5G yang sudah dimanfaatkan oleh berbagai negara dari seluruh dunia terus meningkat hingga kini. Jaringan generasi yang kelima ini diciptakan untuk melayani broadband seluler, IoT, serta untuk menjangkau para pengguna layanan supaya tetap bisa berkomunikasi.

Manfaat 5G untuk Virtual Reality

Teknologi jaringan yang baru ini diharapkan bisa terus meningkatkan interaksi menggunakan platform digital, yaitu virtual reality. Dengan pemanfaatan 5G, VR bisa meliputi sebanyak modelan baru yang membantu kegiatan operasional para pengusaha industri.

Apa manfaat 5G untuk virtual reality?

1.Mengurangi Latensi

Latensi itu apasih? Latensi merupakan waktu yang diperlukan ketika data yang dikirim sampai ke penerimanya, seringkali dihitung pada skala milidetik. Latensi yang terus rendah bisa merubah cara interaksi dengan semua konten virtual dengan real-time.

2.Mencegah Kemacetan Data

Ketika mengerjakan sebuah data dalam yang jumlah besar, koneksinya bisa saja mengalami kesulitan untuk mendapatkan semua informasi secara bersamaan.

Baca Juga : Manfaat Teknologi 5G yang Dukung Kehidupan di Masa Depan Menjadi Lebih Baik

3.Kualitas Tampilannya Menjadi Lebih Jernih

Untuk memproses data dalam jumlah yang besar, berarti sistem 5G akan dengan mudah mengirimkan file yang ukurannya besar. Dengan menggunakan jaringan 5G untuk virtual reality bisa membuat kualitas terhadap perangkat VR akan jadi lebih jernih.

4.Meningkatkan Mobilitas

Walaupun ada batas ruang ketika mengakses VR, 5G pada virtual reality akan membantu berjalan dengan bebas pada lingkungan tersebut.

5.Banyaknya Peluang untuk Berkolaborasi

Kebanyakan Sebagian perusahaan telah mulai menggunakan virtual reality sebagai suatu cara untuk mempersatukan tim diseluruh lokasi dari berbagai dunia. Namun, tak semua tim mempunyai koneksi jaringan yang mampu membantu mereka untuk bergabung pada pengalaman VR.

Penggunaan 5G pada virtual reality akan membuka peluang untuk ber- kolaborasi agar terus menciptakan berbagai inovasi baru. Disisi lain, 5G ikut bergabung dalam pembagian tempat kerja jadi hybrid. Apabila anda sebelumnya tidak mempunyai akses ke bandwidth untuk ikut bergabung terhadap pengalaman VR, jadi kini bisa bergabung ke lingkungan virtual secara mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *