Manfaat Teknologi 5G

Manfaat Teknologi 5G yang Dukung Kehidupan di Masa Depan Menjadi Lebih Baik

Manfaat Teknologi 5G – Akhir-akhir ini yang sedang hangat diperbincangkan adalah teknologi jaringan 5G yang sudah mulai masuk ke Indonesia. Sebenarnya jaringan ini sudah ada di beberapa negara pada beberapa tahun lalu. Namun saatnya kini Indonesia merasakan manfaat dari teknologi 5G. Apa saja manfaatnya?

Manfaat Teknologi 5G

1. Koneksi internet menjadi lebih cepat

Manfaat pengaruh koneksi yang lebih cepat dari teknologi 5G memang sangat penting. Di versi 5G ini memberikan kecepatan sinyal yang lebih stabil dengan menerapkan latensi yang lebih rendah. Dengan begitu aktivitas Anda yang menggunakan internet akan lebih mudah dan lebih cepat. Tidak ada lagi rasa kesal akibat loading lama.

Menurut Pak Doni, kecepatan ideal 5G dapat mencapai 10 Gbps (gigabits per second), dengan jeda waktu pengiriman data sekitar 4-5 milidetik.  Dengan kecepatannya yang tinggi itu, sejumlah aplikasi yang menuntut kecepatan tinggi bisa dijalankan.

“Misalnya autonomus car (mobil kendali otomatis) atau factory, cloud gaming, IoT (Internet of Things), video dan TV dengan kualitas HD serta lainnya,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (27/5/2021).

2. Pengendalian perangkat drone

Penggunaan drone untuk saat ini sudah sangat banyak manfaatnya bagi sektor industry seperti perminyakan, gas, pertanian, kehutanan, pemetaan, hingga militer. Hal ini berfungsi sebagai alat bantu pemantauan dan pengawasan dari atas (udara) setiap adanya kegiatan operasional pabrik secara langsung. Dengan adanya teknologi 5G, pengendalian drone dan pengambilan gambar yang presisi dengan kualitas yang tinggi dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga : Samsung Luncurkan Metaverse di Platform Decentraland dalam CES 2022

3. Mendukung aktivitas game VR dan AR

Di zaman sekarang sudah banyak orang yang mengunakan VR dan AR pada game sebagai suasana dan pengalaman yang baru. Salah satu masalah yang ada di perangkat tersebut adalah latensi atau jeda waktu. Dengan menggunakan jaringan 5G membantu Anda menikmati game VR dan AR dengan sinyal yang lebih stabil sehingga memakan waktu lebih sedikit dan lebih cepat hingga beberapa milidetik saja.

4. Mendukung perkembangan Internet of Things

Internet of things adalah suatu konsep atau program dimana sebuah objek memiliki kemampuan untuk mentransmisikan atau mengirimkan data melalui jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer dan manusia. Untuk mendukung penerapan ini memerlukan sinyal yang stabil dan cepat yaitu teknologi jaringan 5G.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *