Virtual Reality Dapat Dijangkau

Apakah Virtual Reality Dapat Dijangkau Masyarakat ?

Virtual Reality Dapat Dijangkau – Selama tahun 2020 Virtual Reality (VR) mengalami pertumbuhan signifikan sebagai dampak dari Covid-19 yang memaksa banyak aktifitas dilakukan dari rumah. Virtual Reality (VR) terus mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga bisa dimanfaatkan dalam berbagai industri. Teknologi ini terbukti memberikan dampak positif untuk beberapa industri seperti kesehatan, manufaktur, film hingga pendidikan. 

Selama pandemi pemanfaatan VR juga mulai masuk ke dunia pendidikan, meskipun masih sebagian kecil yang menggunakan namun manfaatnya dapat dirasakan. Terbatasnya kesempatan interaksi karena harus Work From Home (WFH) memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mencoba adanya kelas digital. Hal ini mampu sedikit mengatasi rasa jenuh dari siswa karena tetap dapat berinteraksi dengan teman kelas yang terasa nyata.

Bahkan saat ini juga sudah ditemukan Teslasuit yang memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk berinteraksi dengan dunia digital. Berbagai fitur Teslasuit diklaim dapat digunakan untuk oroses pembuatan animasi seperti games atau film, dan dapat digunakan sebagai human factor testing untuk keperluan riset.

Secara garis besar dapat dilihat bahwa antusiasme masyarakat terhadap teknologi ini cukup besar karena menawarkan berbagai manfaat dan pengalaman baru. Meskipun ramai diperbincangkan masyarakat namun pada nyatanya pengguna teknologi ini sebagian besar untuk kebutuhan idnustri dan belum digunakan masyarakat luas. 

Masih rendahnya pengguna VR di kalangan masyarakat luas dapat dipahami karena kebutuhan terhadap teknologi ini masih belum terbentuk. Bagi kaum awam banyak memahami penggunaan teknologi ini adalh untuk keperluan bermain game saja. Keterbatasan informasi masyarakat tekait keuntungan VR dalam kehidupan sehari-hari masih rendah, sehingga keinginan untuk memmiliki produk ini jelas rendah.

Hal tersebut dapat dibilang cukup wajar karena munculnya VR ke pasaran masih baru. Perlu beberapa waktu untuk bisa menemukan titik balik yang dapat mengangkat dan mendorong penggunaan dalam masyarakat. Bentuk ekosistem penggunaan VR masih perlu dibentuk dengan membuat berbagai terobosan yang dapat memudahkan kehidupan masyarakat.

Baca Juga : Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality dalam Berbagai Bidang

Dengan terus tumbuhnya industri teknologi dan munculnya berbagai inovasi yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya membuktikan industri ini masih akan eksis. Beberapa tahun kedepan mungkin kehadiran VR bisa dapat dirasakan masyarakat untuk kehidupan sehari-hari. Berdasar dari apa yang sudah dibahas sebelumnya potensi dan kesempatan dari teknologi ini masih sangat besar dan masih bisa dioptimalkan. Namun juga tidak dapat dipungkiri apabila suatu saat pasti akan ditemukan berbagai masalah sosial baru dari perkembangan VR yang pesat. Efek samping jelas tidak dapat dihindari, namun pasti akan menuntut masyarakat untuk dapat beradaptasi secara baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *