Cara Melindungi Ponsel Dari Serangan Hacker

Cara Melindungi Ponsel Android dari Serangan Hacker

Cara Melindungi Ponsel Dari Serangan Hacker– Handphone merupakan sebuah perangkat favorit setiap orang. Tidak heran apabila para penjahat siber atau disebut hacker rajin membajak perangkat tersebut untuk berbagai kepentingan, mulai dari mencuri data yang penting, membobol kartu kredit maupun aktivitas memata- matai.

1. Rajin Update

Untuk mengamankan Android dari serangan hacker, Jake Moore Security Specialist di Eset membuat 4 tips sederhana yaitu:

Pertama, handphone harus terus update dengan pembaruan sistem operasi. “jadi, pastikan handphone kamu up to date dengan pembaruan firmware sistem operasi baru yang pastinya akan mengamankan smartphone kamu dari ancaman hacker saat ini”.

Jangan pernah malas untuk update apabila smartphone Android memberikan peringatan pembaruan software yang terbaru. Biasanya update langsung diingatkan secara otomatis, Namun tidak salah jika mengecek menu setting agar mengetahui apakah ada update atau tidak.

2. Install Password Manager

Install aplikasi Password Manager yang akan membantu memantau password yang di buat pada banyak layanan. Password manager bisa merekomendasikan password yang aman dan mengontrol apakah kamu menggunakan password yang sama pada website yang lain. Bahkan dapat juga mengontrol seluruh gadget yang di gunakan pada browser.

“Install Password Manager untuk mengamankan seluruh password kamu dan selanjutnya nyalakan otentifikasi 2 faktor pada seluruh akun yang menggunakannya, dan mestikan ada di semua aplikasi dan akan melindunginya dari serangan hacker apalagi meski password telah di dapatkan”.

Baca Juga : Berisi Gambar Penguin, Diduga Akun TNI AD Diretas

3. Install Aplikasi Anti Virus

Saat ini, banyak aplikasi anti virus keamanan menghadirkan aplikasi mobile untuk mengamankan smartphone Android. Hanya perlu memilih dari perusahaan yang reputasinya tinggi untuk mengamankan handphone, seperti Norton, Bitdefender dan Kaspersky.

4. Gunakan Password yang Kuat

Menggunakan password yang kuat pada aplikasi dan layanan apa saja sangat dibutuhkan. Jangan asal membuat password dengan memilih yang bisa diingat maupun berkaitan erat pada diri sendiri. Hacker pasti akan mudah menebaknya.

5.Jangan melakukan ‘root’ atau ‘jailbreak’ smartphone

Jailbreak adalah ide paling tepat untuk menghapus banyak nya pengaturan perlindungan yang aman. Jadi smartphone dapat memasang aplikasi apa saja.

Tapi dengan menghapus seluruh peraturan keamanan, itu artinya akan hilang juga keamanan di smartphone. Resiko hacker menyerang mungkin saja terjadi. Alangkah baiknya tidak melakukan Jailbreak dengan alasan tertentu.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *