Google Desak Apple

Google Desak Apple Ganti Teknologi SMS/MMS?

Google Desak Apple – Google semakin mendesak Apple untuk meninggalkan teknologi SMS/MMS, dan mengganti dengan teknologi Rich Communications Services (RCS) untuk berkirim pesan di iPhone. Pernyataan tersebut terlihat dari kampanye online yang diunggah oleh Google menggunakan #Kampanye online dan diunggah melalui Twitter dengan handle @Google. Dalam unggahannya,Google mengeluh bahwa seharusnya pengiriman pesan teks antar iPhone dan Android, tidaklah sulit.

Apakah kamu pernah mendebatkan gelembung chat warna hijau dengan gelembung chat warna biru di obrolan grup? Gelembung warna biru menandakan pesan dikirim iPhone antar iPhone, sedangkan gelembung warna hijau menandakan pesan yang dikirim ke pengguna Android.

Kekurangan SMS/MMS Selama ini adalah pengguna sesama iPhone berkomunikasi melalui iMessage, sedangkan pesan yang dikirim pengguna iPhone ke Android harus diubah dahulu menjadi SMS/MMS.Sehingga pengguna Apple dan Android yang melakukan komunikasi harus menghadapi beberapa masalah.Menurut perusahaan pemilik Android, bila nanti Apple mau mengadopsi teknologi RCS, pengguna iPhone akan tetap bisa berkomunikasi dengan sesama iPhone.

Apa itu RCS?

Rich Communication Services atau disingkat RCS adalah teknologi yang bisa mengubah SMS/MMS ke aplikasi fitur seperti iMessage .Dengan menggunakan sistem komunikasi ini, pesan yang dikirim ke iMessage akan tampil seperti pesan dari pengguna iMessage lainnya.

Meski pesan dikirim dalam bentuk SMS/MMS,Standar ini juga akan mendukung ketika pengguna mengirim pesan, tanda ketika pesan sudah dibaca, foto kualitas tinggi,dan pengiriman pesan menggunakan Wi-Fi, meski perangkat digunakan oleh pengguna berbeda.

Singkatnya, sistem RCS ini sama seperti aplikasi pengiriman pesan di WhatsApp ataupun Telegram. Berdasarkan laporan Google, sudah ber juta pengguna aktif  yang mendukung RCS seluruh dunia.

Baca Juga : Fitur Whatsapp Baru,Bisa Pakai Avatar untuk Foto Profil

Google mulai membuat kesepakatan dengan operator AS untuk membuat mereka berkomitmen menggunakan aplikasi Pesan Android Google sebagai default pada ponsel Android yang akan dijual oleh mereka. Google mengarahkan perhatiannya pada target baru yakni Apple,Dimulai dengan kesepakatan blockbuster dengan T-Mobile.

Google melihat bahwa sistem RCS adalah solusi bagi pengguna iPhone dan Android. Dikarenakan sistem RCS bisa menutup kekurangan yang dimiliki iMessage, seperti dukungan obrolan grup yang baik, hingga pengiriman data yang  baik.

Dengan adanya system RCS ini tentunya mempermudah pengguna iPhone dan android karena adanya system ini bisa mempermudah berkomunikasi dengan kualitas yang bagus dan berkualitas dimulai dari pengiriman pesan yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *