Google Search Sekarang Dapat Menggunakan Kombinasi Kata dan Gambar

Google Search Sekarang Dapat Menggunakan Kombinasi Kata dan Gambar

Google Search – Google membuat fitur pencarian di dunia maya dengan menggunakan kombinasi foto dan kata untuk hasil yang lebih akurat.

Dikutip dari CNN, fitur baru yang diluncurkan pada Kamis (7/4), memungkinkan pengguna untuk mencari sesuatu yang mirip dengan yang ada di foto. Caranya, ambil saja foto objek yang ingin dicari lalu ketikkan sesuatu.

Fitur baru ini disebut multisearch dan merupakan bagian dari Google Lens melalui aplikasi Google. Liz Reid, wakil presiden Google Search mengatakan bahwa fitur tersebut akan dianggap sebagai percobaan pada awalnya.

Awalnya fitur multisearch akan digunakan untuk pencarian terkait belanja. Namun, dalam praktiknya ke depan dimungkinkan untuk lebih luas lagi. “Ini baru permulaan,” kata Reid.

Program ini adalah upaya terbaru Google untuk membuat pencarian lebih fleksibel dan tidak terikat kata. Padahal sebelumnya, Google sudah lama menawarkan mesin pencari gambar.

Untuk menemukan multisearch di aplikasi seluler Google, pengguna harus mengetuk ikon kamera di sisi kanan bilah pencarian yang menarik ke Google Lens. Anda dapat mengambil atau mengunggah gambar, lalu ketuk bilah kecil yang berisi tanda tambah dan frasa tambahkan ke pencarian Anda.

Baca juga : https://iptek.co.id/yuk-ketahui-keunggulan-kamera-360-derajat/

Metode ini juga memungkinkan pengguna untuk mengetikkan kata-kata untuk lebih menggambarkan apa yang mereka inginkan di mesin pencari Google.

“Pada dasarnya, fitur ini bekerja dengan menggunakan kecerdasan terbantu dalam beberapa cara. Komputer menyimpulkan apa yang dilihatnya melalui foto yang diambil sementara proses bahasa alami menentukan arti dari kata tertulis dan hasilnya digabungkan,” jelas Reid.

Ketika Google memperkenalkan pencarian semacam ini pada September 2021, perusahaan menjelaskan bahwa itu akan menggunakan alat pembelajaran mesin yang kuat yang disebut MUM, yang merupakan singkatan dari ‘Model Terpadu Multitask’, yang telah diluncurkan pada Mei 2021.

Reid mengatakan dalam sebuah wawancara minggu lalu bahwa ini akan membantu meningkatkan kualitas pencarian dalam beberapa bulan mendatang.

“Anda bisa membayangkan jika ada sesuatu yang rusak di depan Anda, tetapi tidak memiliki kata-kata untuk menggambarkannya, tetapi Anda ingin memperbaikinya. Anda cukup mengetik ‘how to fix’,” kata Lou Wang, Director of Google Search dilansir The Verge

“Kami ingin membantu orang memahami pertanyaan secara alami,” tambah Wang.

Product Manager Google Search Belinda Zeng menambahkan bahwa fitur ini dapat mencari tutorial untuk memperbaiki barang yang rusak. Ke depannya, multisearch akan diperluas ke lebih banyak video, gambar secara umum, dan bahkan jenis jawaban yang mungkin ditemukan dalam pencarian Google konvensional.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *