Tools Augmented Reality

Inilah 3 Tools Untuk Membuat Augmented Reality

Tools Augmented Reality – Beberapa aplikasi sudah mulai menggunakan teknologi AR untuk komponen fitur aplikasi salah satunya yaitu Pokemon GO, Pokemon GO mempunyai fitur untuk memunculkan pokemon seakan berada di sekitar kita. jadi banyak yang memainkannya karena ingin melihat pokemon yang hanya ada di dunia virtual kini ada secara nyata.

Tools apa saja yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi Augmented Reality :

1. Vuforia

Vuforia adalah suatu tools untuk membuat sebuah aplikasi AR karena vuforia adalah Software Developement Kit yang bekerja dengan game engine unity yang komunitasnya memang sudah sangat besar, apabila membuat aplikasi AR dengan menggunakan vofuria adalah yang relatif paling mudah karena proses pembuatannya tidak membutuhkan cara yang sulit.

2. ARCore

ARCore adalah tools untuk membuat aplikasi AR buatan google yang hasilnya dapat bekerja terhadap 2 sistem operasi telepon pintar yang begitu terkenal saat ini yaitu iOS dan Android. Tools ini juga adalah SDK yang dapat bekerja terhadap game engine unity, tapi mengapa tidak sepopuler Vuforia? Hal itu karena ARCore tidak simple seperti vuforia yang hanya membuthukan marker dan objek untuk membuat sebuah aplikasi AR, ARCore membutuhkan banyak sekali pemecahan masalah yang menuju ke program untuk menampilkan objek.

Tapi dibalik semua itu ARCore mempunyai teknologi yang jauh lebih canggih jika ditangani oleh seseorang yang pro. ARCore akan lebih menghasilkan suatu aplikasi AR yang mempunyai fitur berkualitas, tools ini adalah ARCore yang mempunyai fitur light detection supaya aplikasi secara otomatis akan memberi cahaya dari atas terhadap objek berdasarkan dari posisi device walaupun device telah digerakkan agar cahaya bisa menyinari objek.

Baca Juga : Tren Augmented Reality, Siap Mendorong Inovasi di 2022

3.  ARKit

Tools yang terakhir adalah ARKit tapi sebenarnya masih ada tools untuk membuat AR, tapi hanya disebutkan 3 saja. ARKit adalah tools yang cukup sempurna untuk membuat sebuah aplikasi AR apabila anda adalah pengguna MacOS. Karena ARKit khususnya hanya bekerja di sistem operasi MacOS dan hasil outputnya adalah aplikasi yang hanya bekerja di sistem operasi iOS.

Tidak banyak yang dapat saya jelaskan karena tidak pernah mencobanya, namun ARKit adalah suatu alasan mengapa Google menciptakan tools ARCore. Bahkan bisa disebut juga ARKit mempunyai kemampuan dan fitur yang mirip seperti ARCore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *