Elemen VR

Inilah Elemen-Elemen dalam Virtual Reality

Elemen VR – Teknologi VR ini dipopulerkan oleh Jaron Lanier, yaitu salah satu pendahulu teknologi modern, ditahun 1980. Kini, teknologi VR telah semakin berkembang dan bisa dinikmati dengan menggunakan perangkat yang berkualitas dan mudah diakses. Beberapa perusahaan yang melakukan pengembangan pada virtual reality seperti Oculus, Google, Microsoft, dan lainnya.

Elemen- elemen dari Virtual Reality (VR)

1. Dunia virtual

Dunia virtual merupakan lingkungan virtual dari luar dunia nyata untuk melakukan interaksi. Dunia virtual diciptakan dari berbagai macam gambar dinamis yang disimulasikan komputer. Dunia virtual bukan hanya dibuat dengan mirip saja seperti dunia nyata, tapi juga dibuat bisa untuk bisa memberi sebuah tanggapan (feedback) dengan tepat secara langsung saat pengguna mengeksplorasi dan melakukan tindakan pada lingkungan virtual tersebut. 

2. Immersion

Immersion artinya pengguna, disini pengguna akan dibawa masuk pada dunia virtual tidak secara fisik, tapi dengan berbentuk pengguna visual.

Baca Juga : Game Virtual Reality seru yang Wajib Untuk Dicoba
3. Sensory Feedback

Sensory feedback merupakan dimana sebuah lingkungan virtual berubah  dengan gerakan pengguna. Feedback dari dunia virtual begitu penting karena bisa menentukan kesadaran penggunanya. Jika terjadi delay tanggapan dari dunia virtual, maka bisa menyebabkan penggunanya sadar lingkungan tersebut bukanlah dunia nyata, dan menurunkan pengalaman dari penggunanya.

4. nteractivity

Interactivity artinya penggunanya bisa berkomunikasi dengan lingkungan serta objek di dunia virtual, seperti mengangkat, melempar dan lain- lain.

Produk Virtual Reality (VR)

Berbagai teknologi dan produk virtual reality yang sudah dilakukan pengembangan, dan akan selalu diperbaiki untuk memberikan pengalaman yang baik pada penggunanya saat memasuki dunia virtual.

Inilah beberapa produk teknologi virtual reality yang dapat digunakan :

1. Cardboard

Cardboard adalah VR produksi Google yang bisa lebih mudah digunakan dengan handphone penggunanya. Dengan meman virtualaatkan cardboard penggunanya bisa menjelajahi Google Earth serta mengarah pada tempat dengan pengalaman 3D, menonton video, melihat gambar yang sudutnya sudut 360°.

2. Cardboard Camera

Cardboard camera merupakan VR yang membantu penggunanya memotret gambar yang sudutnya 360° dan merekam suara jadi pengguna bisa memutar lagi rekaman  dan mengalami pengalaman saat berada ditempat untuk mengambil gambar berkali-kali.

3. VRSE

Sama seperti teknologi VR lain, VRSE menawarkan pengalaman masuk dalam dunia virtual yang lebih menarik. VRSE juga disebut dengan virtual reality gaming yang menawarkan pengalaman memainkan game bertema Batman dan Jurassic World.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *