Kelebihan Dan Kekurangan CorelDraw

Kelebihan dan kekurangan Corel Draw Yang Harus Diketahui

Kelebihan Dan Kekurangan CorelDraw– coreldraw adalah aplikasi PC yang diciptakan untuk kebutuhan grafik yang berbasis vektor.

Kelebihan Coreldraw

1. Hasil gambar berbasis vektor yang lebih baik

Vektor ini mempunyai keunngulan daripada Bitmap, dimana gambar yang dihasilkan tidak pecah ketika diperbesar, karena vektor mempunyai perbandingan ratio, jadi ukurannya relatif dengan ratio yang dasarnya.

2. Mendukung format Import / Export yang banyak

Mendukung format file untuk kebutuhan export / import ini sangat penting untuk sebuah aplikasi supya dapat dibuka dan di-view dari aplikasi lain dengan jenis yang sama.

3. Mudah Menggunakannya

Coreldraw adalah suatu aplikasi user-friendly, yang artinya mudah digunakan baik itu oleh professional ataupun pemula.

4. Tersedia banyak tool, seperti selection, editing, dan penggunaan efek

Hal inilah yang memudahkan dalam pengunaannya karena bisa menghasilkan gambar yang menarik.

5. Menjadi standar industri dan perusahaan

Aplikasi Coreldraw sekarang ini telah menjadi aplikasi standar terhadap berbagai kebutuhan untuk mengerjakan design dari sebuah perusahaan.

Kekurangan Coreldraw

1. Resource dan ukuran filenya besar

Ukuran file mentahan yang sudah dihasilkan dari Coreldraw akan cukup besar apabila semakin kompleks bentuknya dan juga rangkaian vektornya yang sudah dibuat.  

2. Ketika menggabungkan dua objek vektor dan Photo / bitmap kualitas cetakanya kurang baik

Agar gambar yang dihasilkan memuaskan, harus dilakukan sedikit penyetelan dengan pengaturan gambar, dan juga ke perangkat pencetakan. Hal ini dilakukan supaya mendapat hasil cetak yang maksimal.

Baca Juga : Apa Itu CorelDRAW Dan Apa Fungsi Beserta fiturnya

3. Membuat tabel cukup sulit di Coreldraw

Membuat tabel di Coreldraw cukup sulit karena Coreldraw tersebut adalah aplikasi yang berbasis vektor, dan juga berbeda dengan aplikasi word processing yang bisa untuk pembuatan tabel dengan mudah.

4. Tidak cocok untuk mengedit foto

Walaupun disebut tidak cocok, kita tentu dapat mengerjakan foto sederhana menggunakan Coreldraw, walaupun dengan dukungan yang terbatas.

5. Isu kompatibiltas Untuk File tertentu

Menurut isu yang ada, bahwa aplikasi Coreldraw ini mempunyai sedikit masalah kompatibilitas pada versi file yang lebih lama (older file version), namun hal ini tidak membatasi kemampuannya untuk mengerjakan berbagai keperluan editing grafis.

Supaya mahir menggunakan Coreldraw ini bisa mempelajari aplikasi design software Coreldraw. Namun, penilaian kepada sebuah software bersifat relatif, dan setiap review mempunyai point yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *