Face Recognition

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Face Recognition

Face Recognition – Face recognition atau pengenalan wajah adalah teknologi yang digunakan untuk mengenali wajah manusia secara digital. Sistem pengenalan wajah bekerja dengan memetakan, menganalisis, dan kemudian mengkonfirmasi wajah seseorang baik melalui foto atau video.

Sama seperti internet yang juga merupakan teknologi yang diciptakan oleh DARPA, hasil pengembangan teknologi pengenalan wajah juga mulai beredar di masyarakat. Pada awalnya hanya lembaga keamanan dan perusahaan besar yang menerapkan sistem pengenalan wajah karena kebutuhan akan perangkat besar dengan daya komputasi yang mumpuni untuk menjalankan sistem tersebut.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi komputasi yang semakin maju, semakin sedikit pula perangkat yang dapat menjalankan sistem pengenalan wajah. Terakhir, pada tahun 2015, Google dengan Android Trusted Face dan Microsoft dengan Windows Hello menghadirkan pengenalan wajah ke perangkat pribadi seukuran ponsel sebagai fitur keamanan perangkat standar.

Face recognition sudah sangat akrab bahkan digunakan untuk beberapa keperluan kita seperti membuka kunci smartphone, memverifikasi identitas seseorang, hingga menangkap pelaku kejahatan. Namun, terdapat isu yang dipertanyakan oleh masyarakat mengenai teknogi face recognition.

Privasi dan Kebebasan Sipil yang Dipertanyakan

Isu utama yang sering menjadi perdebatan publik terkait pengenalan wajah adalah privasi. Teknologi yang bekerja identifikasi dan pengawasan, memungkinkan untuk mengambil gambar seseorang tanpa izin. Potensi kecurangan sangat terbuka lebar.

“Masalah [pengenalan wajah] adalah transparansi,” jelas Alvaro Bedoya, direktur eksekutif Center for Privacy & Technology, sebuah LSM yang berfokus pada masalah teknologi. “Sangat mudah untuk menulis laporan tentang betapa briliannya pengenalan wajah ketika satu-satunya sumber yang tersedia adalah polisi.”

Baca Juga : Apple Bajak Markas Pesawat Ruang Angkasa Untuk Tur Augmented Reality

Dengan tidak adanya undang-undang, pedoman, atau kebijakan yang komprehensif, teknologi pengenalan wajah hanya memiliki implikasi yang mengerikan bagi kebebasan sipil. Setiap wajah yang tertangkap akan dipindai dan disimpan di database kepolisian. Masyarakat tidak pernah tahu untuk apa data tersebut nantinya.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *