Keuntungan Implementasi ERP Pada Perusahaan Jasa

Implementasi ERP – Perusahaan jasa profesional seringkali menghadapi banyak tantangan, mulai dari menangani pelanggan dengan kebutuhan yang berbeda hingga mengelola aspek internal seperti keuangan dan sumber daya manusia. Sebagai seorang pengusaha yang bekerja di bidang ini, Anda tahu betapa sulitnya mengelola semua proses bisnis secara individual. Selain itu, Anda harus mengelola proses ini secara manual.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena sistem ERP memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi berbagai tantangan yang Anda hadapi dalam bisnis jasa. Menerapkan ERP di perusahaan yang berorientasi layanan tidak hanya dapat membantu mengintegrasikan semua kegiatan operasional, tetapi juga memberikan informasi yang lebih lengkap tentang semua aspek bisnis, yang dapat membantu Anda terus berkembang.

Berikut ini beberapa keuntungan implementasi ERP pada perusahaan jasa :

1. Kolaborasi Dan Komunikasi Team Menjadi Lebih Baik

Sistem ERP mengintegrasikan semua proses dalam perusahaan dan memungkinkan semua orang di antara mereka untuk berkolaborasi satu sama lain melalui sistem terpusat. Melalui sistem terpusat, berbagai departemen bahkan cabang dapat saling berkoordinasi tanpa mengganggu satu sama lain. Tim pemasaran dapat memberi tim penjualan data pelanggan potensial yang mereka peroleh dari iklan melalui CRM.

Tim penjualan dapat menginformasikan kepada tim pemasaran mana calon pelanggan potensial dan mana yang tidak, sehingga tim pemasaran dapat fokus pada sumber pelanggan potensial yang lebih efektif. Departemen keuangan dapat memahami biaya setiap departemen atau karyawan tanpa menanyakannya secara langsung. Pada saat yang sama, departemen sumber daya manusia dapat memantau aktivitas karyawan di setiap departemen, termasuk kehadiran, liburan, penggunaan jam kerja, dan aplikasi pendanaan untuk tujuan tertentu.

2. Visibilitas Keuangan Menjadi Lebih Baik

Keuangan adalah salah satu aspek terpenting dari setiap perusahaan. ERP dapat membantu Anda lebih memahami semua aspek bisnis Anda, terutama akuntansi. Sistem ini memungkinkan Anda untuk memahami arus kas perusahaan secara real time, memungkinkan Anda untuk memahami situasi keuangan Anda yang sebenarnya. Anda mungkin terbiasa membuat laporan keuangan untuk memahami untung rugi bisnis Anda.

Namun, Anda mungkin tidak dapat melacaknya secara detail. Sistem ERP memungkinkan Anda untuk memahami keuntungan dan kerugian Anda secara lebih rinci berdasarkan lokasi bisnis Anda (jika Anda memiliki banyak cabang bisnis), pelanggan yang Anda layani, jenis layanan yang Anda berikan, dll. Ini akan membantu Anda lebih memahami sumber untung dan rugi, sehingga mengurangi biaya nirlaba perusahaan.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Sistem ERP

3. Meningkatkan Layanan Pada Pelanggan  

ERP membantu perusahaan jasa meningkatkan layanan mereka melalui modul seperti sistem reservasinya. Namun, tidak semua sistem ERP memiliki sistem reservasi. Hanya sistem ERP lengkap yang menyediakan modul ini. 

Sistem reservasi di ERP memungkinkan pemilik bisnis jasa untuk mengotomatisasi manajemen reservasi. Sistem menyediakan portal pelanggan yang memungkinkan pelanggan melakukan reservasi berdasarkan jangka waktu yang tersedia. Sistem ini memungkinkan Anda untuk secara otomatis mengirim pengingat janji yang akan datang kepada pelanggan melalui email. Sistem juga menyediakan gateway pembayaran online untuk memudahkan pelanggan melakukan pembayaran.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *