Point Of Sales

Keuntungan Menggunakan Point Of Sales untuk Bisnis Anda

Point Of Sales – Dalam sebuah bisnis pastinya Anda membutuhkan suatu alat bantuan untuk mencatat transaksi dari bisnis itu sendiri. Itu sudah menjadi tuntutan pebisnis untuk selalu teliti dalam menghitung transaksi yang terjadi.

Point of sales akan memberikan berbagai kemudahan untuk bisnis anda. Sistem yang satu ini tidak hanya mengotomatisasi karyawan, pengelolaan stok, pelanggan, hingga merampingkan proses, tetapi juga memungkinkan anda untuk menganalisis dan otomatisasi laporan penjualan.

Yang berarti itu dapat memberitahu Anda apa saja yang telah terjual dan berapa banyak yang telah terjual. Data tersebut nantinya akan secara manual ditransfer ke rekening atau masuk ke dalam daftar persediaan barang. Hal ini terbukti sangat efektif karena efesiensi waktu sangat diperlukan demi kelancaran bisnis. Sebelum membahas terlalu jauh, ap aitu point of sales?

Pengertian Point Of Sales (POS)

Aplikasi POS adalah suatu sistem yang dapat mendukung transaksi bisnis Anda. Biasanya, sistem ini terhubung dengan mesin kasir atau komputer tapi sekarang Anda lebih mudah untuk mengakses aplikasi POS ini, hanya memakai tablet atau gadget.

Salah satu keuntungannya adalah melakukan manajemen stok barang. Untuk tahu lebih lanjut keuntungan menggunakan POS, yuk simak penjelasan di bawah ini!

Keuntungan Point Of Sales (POS)

1. Memudahkan Karyawan

Semua tentu sudah sepakat bahwa sistem POS ini menawarkan banyak hal positif bagi urusan manajemen data keuangan yang dapat memudahkan kita dalam hal transaksi. Dengan begitu, pastinya sudah membantu karyawan untuk mempersingkat waktu dan mengurangi beban kerjanya.

Tidak seperti mesin kasir biasa yang harus memasukkan harga barang satu per satu, maka dengan aplikasi POS, karyawan dapat memilih barang apa saja yang dibeli oleh konsumen dan memasukkan data penjualannya untuk kemudian dihitung secara otomatis oleh sistem POS.

2. Mengurangi Tingkat Kesalahan

Tidak hanya memudahkan cara kerja saja loh, aplikasi POS juga mengurangi tingkat kesalahan, baik yang terjadi karena human error ataupun karena faktor teknis yang biasa terjadi pada mesin kasir. Bahkan dalam kesalahan penginputan data atau kode barang sekalipun, aplikasi POS bisa merevisinya hanya dengan beberapa kali klik. Tentu berbeda dengan mesin kasir yang jauh lebih rumit dan mengharuskan karyawan mengulang pendataan pada barcode produk.

Baca Juga : CEO Intel: Alder Lake Meninggalkan AMD di Kaca Spion

3. Meningkatkan Efisiensi

Keuntungan yang dapat Anda rasakan secara nyata bahwa POS membantu Anda dalam hal keuangan, data, dan transaksi. Dengan adanya bantuan itu tentunya meningkatkan efisiensi waktu. Karyawan dapat lebih fokus ke hal lain dan meningkatkan mutu kualitas pelayanan.

4. Manajemen Stok Produk

Tanpa adanya bantuan POS, Anda harus secara manual turun langsung ke lapangan untuk mengecek stok produk pastinya juga memakan waktu yang sangat lama. Dengan adanya POS anda cukup memantau secara online stok produk, mulai dari stok awal, jumlah produk yang terjual, dan hasil akhir produk.

5. Mengubah Harga dengan Sekali ‘Klik’

Bagi Anda yang memiliki beberapa cabang toko, maka Anda bisa mengubah harga produk di seluruh cabang hanya dengan sekali ‘klik’ melalui gadget pribadi Anda. Hal ini pastinya sangat memudahkan karena tanpa adanya teknologi POS, Anda harus mengubah data harga di setiap cabang secara manual. Hal ini pula yang terkadang membuat inkonsistensi harga di beberapa toko karena adanya kesalahan input oleh karyawan.

6. Tidak Selalu Membutuhkan Internet

Walaupun dalam sistem kerjanya aplikasi POS membutuhkan akses internet untuk menyimpan data, tetapi Anda tetap bisa menjalankan aplikasi ini walau sedang offline. Karena selurhu data tetap akan tersimpan hingga akhirnya kembali dihubungkan ke cloud POS saat komputer online kembali. Ini menjadi alasan kuat mengapa Anda harus menggunakan aplikasi POS karena data penjualan dan data konsumen jauh lebih aman.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *