Memahami Hak Cipta

Memahami Hak Cipta Digital di Dunia Internet

Memahami Hak Cipta – Ketika beraktivitas dalam internet, kamu perlu memahami hak cipta digital, dimana tidak boleh sembarangan mencuri karya orang lain dan disebarkan untuk keuntungan pribadi.

Saat ini dunia digital Ada dalam Genggaman Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital, belum lama ini.

Sebagian menjelaskan bahwa penggunaan internet, baik itu ponsel atau laptop, kini meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

Penggunaan dua perangkat tersebut semakin meningkat selama pandemi Covid-19 yang sudah terjadi sejak awal 2020. Dari fenomena tersebut,  ada dampak ganda, yaitu dampak positif dan negatif.

“Dampak positifnya adalah banyak wawasan yang bisa kita dapat lewat internet di ponsel atau laptop. Dampak negatifnya adalah di saat pandemi begitu banyak kabar hoax yang beredar,” Terkait literasi digital seiring banyak pengguna internet selama ini, hal yang sangat penting adalah pemahaman mengenai hak cipta.

Penggunaan internet dengan baik akan berdampak  positif bagi pengguna, lebih utama dalam hal produktivitas.Contoh, lewat ponsel seseorang masih bisa belajar dan mengasah keterampilannya. Berbagai keahlian bisa diperoleh lewat internet secara gratis.

Sementara itu, memahami hak cipta juga bisa disebut bahwa pandemi Covid-19 berperan mendorong dan mempercepat arus di era global, termasuk di Indonesia. Fenomena tersebut bisa disebut telah terjadinya sebuah transformasi digital.

Adanya budaya baru atau disebut sebagai budaya digital yang kemudian telah menjadi perilaku sehari-hari yang baru pula atau yang berbeda dibanding sebelum pandemi ini melanda.

Misalnya, orang bekerja bisa dilakukan dari rumah tanpa harus berpergian (work from home). Begitu pula belanja makanan, minuman, atau kebutuhan apapun semakin banyak dilakukan lewat transaksi digital biasanya melalui belanja online.

Baca Juga : Hospital Metaverse: Membangun Pusat Kesehatan Anak di VR

 Mengingat tentang pentingnya memahami hak cipta digital dalam mengakses internet lewat gawai untuk mencegah terjadinya kebocoran data atau pencurian hasil karya orang lain.Keamanan digital,  tidak hanya  mengamankan data yang kita miliki, tetapi juga sekaligus untuk melindungi data pribadi yang bersifat rahasia. Karena itu, sangat penting memberikan sejumlah tips tentang keamanan digital.

Buatlah password yang terdiri dari kombinasi berbagai karakter. Apabila mempunyai banyak akun media sosial atau e-mail, jangan pernah membuat passwordyang serupa. Lalu, secara sering harus rajin mengganti password lama dengan yang baru. Yang penting adalah jangan mudah menyebar data pribadi di media sosial.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *