Teknologi Digital Untuk Mengakses Musik

Memanfaatkan Teknologi Digital Untuk Mengakses Musik Lebih Mudah

Teknologi Digital Untuk Mengakses Musik – Teknologi digital menjadi sebuah kebutuhan, seperti yang sudah terlihat dan telah dirasakan oleh banyak orang adalah cara nya mengakses musik. Bukan itu saja, Percepatan dan perubahan digital sudah mengubah cara orang, apalagi para pebisnis industri music, dalam mengerjakan pekerjaan, layanan dan usaha.

Sat ini, akses mendengar musik dimungkinkan lewat media yang berbentuk fisik semacam piring hitam, kaset, dan compact disc. Kemudian cara ini lambat laun berubah secara perlahan di era Internet of Things, di mana musik sudah bisa diakses secara digital lewat komputer, baik itu audio atau audio-visual, sampai akhirnya, kini musik bisa dinikmati lewat streaming secara digital.

Tapi yang harus diingat, perubahan yang terjadi karena perkembangan teknologi digital harus dihadapi dengan bijak. Para pelaku industri perlu belajar memahami untuk memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan musik, memproduksi, mempromosikan, mendistribusikan, dan mendapatkan uang dari hasil karyanya. Adaptasi perlu dilakukan supaya bisa terus bertahan .

Di acara ‘Breakfast with Resso’ (BwR) yang digelar oleh Resso yaitu aplikasi streaming musik sosial yang dikatakan bahwa pemanfaatan teknologi digital nyatanya masih terbatas terhadap pelaku industri musik yang kini hanya berada di kota besar saja. Kekurangan wawasan dan pemahaman mengenai teknologi digital, dan keinginan melakukan perubahan, serta kurangnya infrastruktur digital kini masih dirasakan oleh banyak kota.

Terciptanya berbagai platform digital untuk para kreator konten dan musik sebagai tambahan sasaran teknologi digital menuntut mereka juga supaya bisa memperkenalkan, mengedukasi, dan membuka akses untuk musisi lokal dan indie, supaya bisa menampilkan karya nya.

Baca Juga : Google Desak Apple Ganti Teknologi SMS/MMS?

Dari sisi lain, menurut jurnalis musik sudah mulai melihat adanya peningkatan peran pada platform digital untuk sumber informasi. Jika dulunya radio jadi sumber informasi musik, lagu, dan lainnya, bahkan turut membangun selera musik pendengarnya, sekarang peran itu telah diambil alih oleh bermacam platform digital, salah satunya TikTok. Industri musik kita kini memang masih sedang beradaptasi dengan adanya teknologi digital, dan para musisi harus mulai memikirkan dan membuat konten digitalnya, jika bukan oleh musisinya sendiri, mereka dapat menggunakan talenta digital saat ini, yang harus mengamati perlu nya mengembangkan kemampuan talenta digital dengan keahlian yang dimiliki dengan berbagai keperluan untuk mengisi peluang kerja nya.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *