Mengenal Apa Itu Pi-hole

Mengenal Apa Itu Pi-hole beserta Fungsinya

Mengenal Apa Itu Pi-hole – Disaat menggunakan jaringan, hal yang wajar biasanya pengguna dihadapkan dengan adanya serangan malware, situs yang berbahaya, serta iklan yang menganggu pengguna. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan Pi-hole untuk mengatasinya. Aplikasi ini dimanfaatkan oleh admin jaringan untuk membuat para pengguna yang menggunakan Pi-hole merasa aman. 

Apa Itu Pi-hole? 

Pi-hole merupakan aplikasi DNS Server yang fokus terhadap berbagai fungsi DNS Sinkhole. Aplikasi ini mempunyai fitur blokir iklan dan website yang membantu untuk menjaga keamanan jaringan pribadi.  Pi-hole bisa membantu Anda untuk memblokir iklan dan website tertentu pada jaringan Anda.

Apa Fungsi Pi-hole?

Memblokir Iklan serta Website Tertentu

Jika menggunakan Pi-hole, tidak harus memasang banyak plugin browser maupun software untuk menjaga keamanan jaringan. Hanya dengan memasang Pi-hole pada satu komputer admin, maka semua jaringan akan terjaga lebih mudah. 

Meningkatkan Kinerja Jaringan

Iklan yang telah diblokir, performa jaringan pastinya bisa menjadi lebih cepat. Anda tidak harus menunggu lama untuk mengakses suatu website, karena kini tidak ada lagi iklan di dalamnya. Bukan itu saja, Pi-hole juga bisa membantu untuk mendeteksi serangan malware berbahaya, jadi jaringan akan aman tanpa adanya malware yang dapat menghambat kinerjanya apabila menyerang sebuah komputer. 

Mengawasi Statistik

Pi-hole mempunyai web interface yang tentunya user-friendly. Lewat web interface itu, Anda dapat mengawasi statistik para pengguna jaringan. Di sana, Anda dapat melihat query log, mengetahui pencarian internet mereka, bahkan berbagai data pengguna.

Baca Juga : Ketahui Apa Itu Adware dan Cara Mencegahnya

DHCP Server

DHCP Server merupakan komputer yang berguna untuk membagikan IP adress terhadap perangkat jaringan dengan otomatis. DHCP ini sangatlah penting untuk jaringan, karena komputer tidak dapat terhubung jika tidak mempunyai IP. Dengan Pi-hole, fungsi tersebut dapat di lakukan secara bersamaan dengan fungsi DNS sinkhole.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan Pi-hole

Dalam dashboard Pi-hole, ada fitur Query Log yang memberi akses terhadap data para pengguna jaringan. Dari fitur tersebut Anda dapat mengetahui domain apa saja yang tengah dibuka oleh setiap komputer. Anda bisa mengetahui history internet dari para pengguna jaringan Anda yang mempunyai akses kepada data para penggunanya.  Jadi, Pi-hole gunakanlah secara bijak. Data serta history pengguna yang diketahui jangan sampai disalah gunakan, karena hal tersebut adalah informasi sensitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *