Metaverse dan NFT Berikut Peluang Bisnis dan Cara Kerjanya

Metaverse dan NFT Berikut Peluang Bisnis dan Cara Kerjanya

Metaverse dan NFT – adalah dua hal yang terkait. Di Indonesia bahkan dunia, kedua istilah ini mulai populer. Menjadi perbincangan hangat setelah viralnya Ghozali, pengguna NFT yang berhasil meraup untung hingga miliaran rupiah.

Jadi, apakah benar-benar menguntungkan untuk bermain NFT atau Metaverse? Jawabannya tergantung dan masih terus berkembang, mengingat kedua hal tersebut relatif baru dan masih dalam proses pengembangan.

Siapa pun tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan, itu mungkin berhasil atau tidak. Di sisi lain, ini bisa menjadi peluang investasi yang tidak boleh dilewatkan. Tentu saja, sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia metaverse dan NFT, penting untuk memahami apa yang ada di dalamnya.

Memahami dan Cara Kerja Metaverse dan NFT

Membahas dua istilah metaverse dan NFT tentunya akan sangat menarik. Metaverse sendiri merupakan dunia digital yang nantinya akan menjadi tempat dimana kedua manusia tersebut dapat menjalani kehidupannya.

Beberapa mengklaim bahwa dunia metaverse ini adalah replika dari dunia nyata. Sedangkan NFT merupakan singkatan dari Non-Fungible Token, yaitu aset digital yang memiliki catatan kepemilikan di dalamnya.

Menggunakan teknologi blockchain publik. dapat dikatakan bahwa NFT adalah satu-satunya aset digital yang dapat dimiliki secara legal oleh seseorang. Ini berisi riwayat aktivitas dan transaksi.

Itu sebabnya mayoritas NFT menggunakan teknologi blockchain ethereum. Anda tidak dapat menukar NFT dengan karya lain, karena memiliki nilai unik. Namun, dapat diperdagangkan menggunakan mata uang digital seperti bitcoin.

Ada berbagai jenis NFT, mulai dari aset game, artwork, video, foto, dan musik, dan sebagainya. Terkait dengan harga jual tergantung pada banyak faktor subjektif.

Yakni terkait dengan kualitas, proses pembuatan, dan reputasi pemiliknya. Itu sebabnya Ghozali bisa meraup untung miliaran rupiah dari NFT.

Peran dan Manfaat NFT

Untuk lebih memperjelas pembahasan, berikut beberapa peran dan manfaat NFT adalah sebagai berikut :

1. Berguna untuk Bidang Artwork

Teknologi dalam NFT menawarkan berbagai keamanan untuk setiap pekerjaan yang telah Anda publikasikan secara online. Dengan demikian, NFT juga turut andil dalam membantu seniman memberantas pembajakan atas karyanya.

Sistem kontrak pintar di NFT akan memungkinkan pencipta untuk mencatat persentase royalti ketika pekerjaan mereka berpindah tangan. Selain itu, harga jual aset dalam NFT untuk sebuah karya juga bisa bernilai tinggi.

2. Bidang Usaha Industri

Menawarkan solusi atas berbagai permasalahan bisnis di berbagai bidang. Misalnya, olahraga, fashion, industri penjualan tiket, dan sebagainya. Penggunaan NFT akan meminimalkan jumlah calo dan penipuan terkait pembelian tiket suatu acara.

Selain itu, NFT juga dapat membantu mengelola keanggotaan digital. Itu seperti mengidentifikasi data digital yang telah mewakili keanggotaan. Ini tentu membantu meminimalkan kemungkinan pencurian data.

3. Saluran Hobi dan Hiburan

NFT Marketplace juga cocok untuk penghobi dan kolektor. Misalnya seperti footage NBA Top Shot, hingga pembelian avatar untuk CryptoPunks.

Selain itu, game berbasis blockchain di NFT juga merupakan salah satu yang memiliki potensi yang cukup banyak. Bahkan para pemain game NFT juga bisa mendapatkan token yang nantinya bisa mereka tukarkan dengan aset lainnya.

Perbedaan antara NFT dan Crypto

NFT dan crypto adalah dua hal yang saling berhubungan. Dapat dikatakan bahwa NFT adalah anak perusahaan dari crypto. Namun yang membedakan keduanya adalah bentuk, kegunaan, dan tujuannya.

Aset kripto seperti bitcoin adalah sistem yang sama dengan uang fisik. Sementara NFT tidak. Saat Anda menukar 1 bitcoin aset kripto maka nilainya tetap sama yaitu 1 bitcoin.

NFT tidak dapat ditukar dengan aset lain. Hanya saja pengguna dapat membeli dan menjual aset. Aset NFT yang unik, lengkap dengan tanda tangan digital pemiliknya. Ini berisi catatan sejarah dan kepemilikan.

Baca juga : https://iptek.co.id/apple-tetapkan-desain-controller-mirip-nintendo-switch/

Jadi jika Anda ingin memiliki NFT seseorang, Anda harus membelinya dengan mata uang digital. Harga jual/beli dapat ditentukan secara subjektif.

Nah, itulah beberapa informasi terkait istilah metaverse dan NFT. Tertarik untuk menjadi pengguna? Pastikan untuk terlebih dahulu memahami seluk beluk dunia metaverse sebelum benar-benar menyelam.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *