Peluang Bisnis VR

Peluang Bisnis dengan Virtual Reality Tourism

Peluang Bisnis VR – Dalam bidang pariwisata, kini telah mengalami perkembangan yang begitu pesat dengan seiring berjalannya waktu. Bukanhanya dari objek dan jenis wisata saja, namun juga dari segi pertunjukan dalam wisatanya. Mungkin tidak  ada yang pernah menyadari bahwa mencoba makanan khas sebuah kota juga adalah sebuah wisata.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, virtual reality memenuhi keperluan wisatawan untuk menghadirkan berbagai kesempatan bisnis pariwisata. Teknologi virtual reality ini membantu penggunanya untuk berkomunikasi dengan lingkungan wisata dari simulasi komputer.

Maka dari itu, teknologi virtual reality memiliki kemampuan untuk menjadi pertunjukan wisata yang baru, yaitu virtual reality tourism. Bukan hanya untuk promosi wisata saja, namun menjadi peluang untuk bisnis pariwisata yang sangat menguntungkan.

Bagaimana peluangnya?

1. Momen yang Tepat

Tidak bisa dihindari bahwa pandemi sudah mengakibatkan bidang pariwiata mengalami penurunan. Dilarang Berwisata, karantina wilayah, dan penutupan tempat wisata tentunya akan mengurangi penghasilan dari para pebisnis pariwisata. Meski para pemerintah telah mengurangi pembatasan dalam daerah di zona hijau Covid-19. Tapi kini dengan adanya teknologi ini bidang pariwisata sangat terbantu.

2. Virtual Reality Tourism Saat Covid-19

Teknologi virtual reality bisa digunakan untuk mempromosikan wisata Jadi, agen wisata bisa memberi gambaran tempat wisata menggunakan virtual reality dan bisa juga augmented reality. Jadi, calon wisatawan nantinya bisa mempunyai referensi yang mengenai tempat wisata yang akan dikunjungi.

Baca Juga : Apa Itu Quest Pro? Headset Virtual Reality dari Meta
3. Kesempatan Bisnis dalam Bidang Pariwisata Menggunakan VR

Dikutip dari smarteye, World Travel and Tourism Council (WTTC) merekomendasikan pengembangan lokasi dana untuk promosi tempat wisata demi mempertahankan bidang ini. Virtual reality adalah salah satu upaya yang dapat meningkatkan kredibilitas wisatawan untuk melakukan kunjungan wisata.

4. Media Promosi Pariwisata

Perusahaan dari New Jersey, Travel World VR telah memanfaatkan teknologi VR untuk mempromosikan destinasi wisata. Calon wisatawan dapat melihat promosi destinasi dengan menggunakan video 360 derajat serta dengan memproduksi konten VR.

5. Media Promosi Bisnis Penginapan

Virtual reality menjadi kesempatan bisnis wisata terbaru, apalagi untuk bisnis penginapan. Saat ini, promosi dari bisnis penginapan begitu monoton dan stagnan. Dimulai dari menggunakan website dan media sosial.

6. Media Promosi Bisnis Penerbangan

Perjalanan kedalam dan luar negeri terbatas karena adanya pandemi. Dengan menggunakan bantuan teknologi VR ini, wisatawan akan bisa berwisata meskipun secara virtual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *