Penggunaan Teknologi AR dan VR Untuk Pemasaran Produk
Penggunaan Teknologi AR dan VR

Penggunaan Teknologi AR dan VR Untuk Pemasaran Produk

Penggunaan Teknologi AR dan VR– merupakan teknologi yang kebanyakan digunakan oleh brand sebagai strategi pemasaran produk. Teknologi AR dan VR memberi pengalaman baru yang menarik untuk masyarakat, dan berbagai manfaatnya dalam bidang industri.

Strategi pemasaran produk kini semakin berkembang, dimulai dari tradisionl dan digital. Tradisional dimulai dari brosur, sampai memasang iklan di televisi, dan yang sekarang ini sedang trend yaitu pemasaran produk digital menggunakan sosial media atau website.

Mengapa Augmented Reality?

AR mempunyai kemampuan sebagai strategi pemasaran digital, yaitu dengan menarik perhatian siapa saja yang melihatnya.

Teknologi AR bisa membawa objek virtual dan memasukan pada lingkungan sekitar di waktu nyata. AR bisa menampilkan dan memberi strategi yang menarik untuk para pebisnis supaya bisa menjangkau target pasar yang dituju lebih cepat, mudah dan sangat efektif. 

Keuntungan Strategi Pemasaran Produk Menggunakan AR

1. Menciptakan Kesadaran Merk

Kampanye pemasaran lewat teknologi AR akan membantu menciptakan kesadaran pada merek produk bahkan membuat konsumen Anda dan siapapun membicarakan merek Anda hingga menjadi viral. AR begitu efektif untuk menciptakan kesadaran merek, karena teknologi AR tergolong baru dan pengalaman berkomunikasi dengan merek menggunakan teknologi AR adalah pengalaman baru untuk sejumlah masyarakat di Indonesia sekarang ini.

2. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Dilansir dari suatu penelitian yang telah dilakukan oleh blippar, kampanye pemasaran menggunakan teknologi AR biasanya mendapatkan keterlibatan pelanggan selama 75 detik. Sedangkan, media tradisional seperti iklan dari radio dan TV hanya 2,5 detik saja. Jadi, AR mempunyai kelebihan pada daya tariknya sampai 30 kali lipat daripada media tradisional.

Baca Juga : Contoh Penerapan Teknologi VR, AR, Dan MR
3. Menciptakan Pengalaman Pelanggan

Pemanfaatan teknologi AR sebagai strategi pemasaran digital bisa menciptakan pengalaman konsumen, karena konsumen Anda memperoleh lebih banyak informasi yang ada, lebih mudah untuk membuat keputusan, dan menyelesaikan transaksi dengan lebih cepat.

4. Membawa Dunia Digital ke Dalam Dunia Nyata

Keistimewaan Augmented Reality yaitu kemampuannya untuk membuat keterkaitan antara strategi pemasaran digital Anda dan pengalaman fisik pelanggan menggunakan berbagai cara yang efektif. Teknologi AR adalah penghubunng dari strategi pemasaran tradisional dan  digital. AR juga bisa merubah iklan fisik dan brosur menjadi sebuah pengalaman digital bahkan lebih mudah untuk dikaitkan dengan teknik pemasaran digital bagi brand Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *