Pemanfaatan Virtual Reality

Pemanfaatan Virtual Reality dalam Bidang Pendidikan

Pemanfaatan Virtual Reality – Perkembangan teknologi pastinya akan membawa perubahan yang besar pada setiap perkembangannya. Dengan semakin berubahnya zaman, maka berbagai teknologi yang ada juga ikut berubah. Salah satunya yaitu dalam bidang pendidikan.

Virtual Reality atau VR, sudah semakin berkembang dalam bidang pendidikan seiring dengan banyaknya sekolah yang menerapkan teknologi VR ini. VR bisa membantu siswa untuk ujicoba menggunakan bahan kimia tanpa perlu khawatir bahaya apabila uji cobanya gagal dalam dunia nyata. Itulah hal yang menjadi bahan pertimbangan untuk penerapan teknologi VR.

Penggunaan VR untuk menjangkau pembelajaran dan meningkatkan kemampuan menyerap pelajaran siswa-siswi. Bahkan, ada juga beberapa manfaat apabila menerapkan VR untuk melatih pembelajaran siswa dalam bidang pendidikan.

  • Memberi cara belajar yang berkesan bagi siswa-siswi dan guru.
  • Memudahkan guru untuk memberikan materi yang rumit.
  • Meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran.
  • Menjaga keselamatan para siswa dan guru apabila melakukan ujicoba menggunakan alat dan bahan berbahaya

Teknologi ini mudah diterapkan pada berbagai mata pelajaran yang memerlukan berbagai skenario untuk membantu menyampaikan materi pembelajaran.

Bidang pendidikan indonesia jangan sampai tertinggal untuk menggunakan teknologi ini. Oleh karena itu, Laniuzen (komunitas teknologi Machine Vision Indonesia) bekerja sama bersama U.S Consulate General Surabaya membangun Prakarsa Virtual Lab. Prakarsa Virtual Lab merupakan sebuah virtual laboraturium yang model pembelajarannya STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Math) menggunakan teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality. Sekolah yang tidak mempunyai akses laboraturium memadai, bisa menjalankan uji coba di laboraturium dengan menggunakan laboratorium virtual.

Baca Juga : Cobalah Game Virtual Reality Bertema Anime yang Menarik

Suatu masalah sekolah belum mempunyai laboraturium yang memadai karena biaya kelolanya dan juga biaya peralatan labnya tidak murah. Adanya Virtual Lab dibuat sebagai solusi untuk sekolah yang belum mempunyai laboraturium dan ingin menerapkan virtual laboraturium. Yang dananya menggunakan dana hibah dari MyAmerica Surabaya (MAS), Virtual Lab ini akan di salurkan secara gratis pada berbagai sekolah menengah atas. Dengan dibuanyavirtual lab diharapkan, akan menjadi hal baru dalam bidang pendidikan Indonesia dan meningkatkan kualitas pelajaran.

Saat teknologi VR dianggap sebagai sebuah teknologi yang dibuat hanya untuk bermain game dan hiburan sudah selesai. Dengan tersedianya bagian interaktivitas dalam teknologi tersebut, VR sudah menjadi sebuah teknologi inovasi yang valid untuk meningkatkan metode pembelajaran siswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *