VR, AR, MR, Apa Perbedaannya?

VR,AR Dan MR – Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR) merupakan jenis teknologi yang berbeda untuk cara penggunaannya. Augmented Reality adalah teknologi yang memperoleh dunia fisik kita, terhadap digital konten seperti benda-benda yang tidak ada di dunia nyata menjadikanya seolah-olah ada dilingkungan nyata, Sedangkan Virtual Reality merupakan teknologi yang menempatkan diri kita seolah-olah seperti dilingkungan visual yang kita lihat pada kacamata VR.

Fungsi dari AR sama seprti VR digunakan sebagai sarana edukasi, permainan, pengobatan dan bidang lainya yang membutuhkan teknologi AR.

Perbedaan VR, AR, MR

Virtual Reality (VR)

VR adalah teknologi yang menggunakan teknologi computer untuk menciptakan lingkungan yang disimulasikan, VR menempatkan pengguna didalamnya sehingga akan seperti berada pada lingkungan aslinya. Dalam penerapannya memerlukan Headset VR dan juga terhubung dengan laptop/ponsel yang sudah mendukung teknologi VR.

Augmented Reality

AR adalah teknologi yang memperluas dunia fisik kita, dengan menambah lapisan informasi digital kedalamnya seperti benda-benda yang tidak ada di dunia nyata menjadikannya seolah-olah ada lingkungan nyata seperti permainan pokemon yang sempat viral. Penggunaan AR tida menggunakan Headset seperti VR melainkan hanya menggunakan ponsel yang telah mendukung fitur AR.

Baca Juga : Yuk Simak Penjelasan dan Manfaat Augmented Reality bagi Bisnis Kamu!

Mixed Reality (MR)

MR merupakan penggabungan dari teknologi AR dan VR secara bersamaan, temapt objek/orang yang ada di dunia nyata secara dinamis diintegrasikan ke dalam dunia virtual untuk menghasilkan lingkungan dan visualisasi baru dimana objek fisik dan digital hidup berdampingan dan berinteraksi dalam waktu nyata. MR menggunakan Headset dan juga konsol dalam panerapannya.

Gratis Konsultasi

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *