Apa itu Google ARCore? - Iptek Digital February 24, 2024
Google ARCore

Apa itu Google ARCore?

Google ARCore – Saat ini VR platform berkembang diseluruh dunia salah satunya di Indonesia, augmented reality kini adalah inovasi pada teknologi AR/VR. Google merupakan inovator yang ada dengan tampilan menarik digital lifestyle yaitu ARCore.

Apa itu Google ARCore?

Google ARCore merupakan perangkat pengembangan software (SDK) yang bisa memberikan kemampuan augmented reality pada berbagai handphone Android yang sudah ada dan yang akan hadir.

Bagaimana  Cara Kerja ARCore?

Google mengembangkan SDK berbasis AR yang kerjanya dengan 2 cara yaitu: tracking dan juga building environment. Jadi apa yang akan di-track? Keadaan perangkat mobile penggunanya yang sedang dijalankan, kemudian sistem akan menjadikan lingkungan sekitar penggunanya supaya terlihat seperti nyata.

Jadi pada dasarnya, teknologi motion tracking memanfaatkan kamera smartphone untuk mengenali berbagai poin yang menarik atau fiturnya, lalu melacak kinerjanya seiring berjalannya waktu. Dengan menggabungkan kinerja poin dan juga menggunakan sensor inersia, menentukan posisi serta orientasi smartphone saat penggunanya berjalan dan pindah tempat.

ARCore bisa mendeteksi berbagai bentuk datar, seperti meja dan lantai, bahkan bisa memprediksi cahaya rata-rata di lingkungan sekitarnya pada titik yang utama. Maka akan langsung mengenali lingkungan sekitar penggunanya, Anda bisa menyertakan objek visual, membaca catatan hasil terjemahan, maupun catatan lain seakan terjadi secara langsung dalam dunia nyata.

Baca Juga : Fungsi Google Play Services Untuk AR dan Pengaruhnya

Misalkan, Anda dapat menampilkan anak kucing yang sedang tidur lelap di bawah meja, atau juga bisa, membaca catatan terjemahan sebuah lukisan, lengkap dengan biografinya, tanpa harus mencari tahu sendiri. Lebih canggihnya lagi, Anda dapat melakukannya sembari berjalan-jalan dan melihatnya dari mana saja. Meskipun pengguna pindah tempat beranjak dari ruangan, maka kucing dan catatan terjemahannya tentu masih ada di tempat awalnya.

ARCore dibentuk dengan menggunakan beberapa set API yang berbeda, framework, serta tools lain. Beberapa API tersebut sudah dapat digunakan dengan Android dan iOS. Ada juga perangkat pendukungnya yaitu Android versi 7.0 (Nougat) dan yang sebelumnya.

Beberapa Kemampuan Utama yang Terdapat dalam ARCore

  1. Motion tracking Handphone bisa menangkap dan mengetahui posisinya.
  2. Environmental understanding Handphone bisa memahami ukuran dan lokasi berbagai jenis permukaan, baik itu horizontal, vertikal, atau yang bersudut seperti tanah, meja kopi, serta tembok.
  3. Light estimation Handphone bisa memprediksi keadaan cahaya saat ini dalam lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *