Manfaat Machine Learning-

Ketahui Manfaat Machine Learning Untuk Mengembangkan Usaha

Manfaat Machine Learning – Seiring berjalannya waktu, keterkaitan teknologi pada bisnis sudah semakin banyak. Salah satu contoh nyata pada dunia bisnis yaitu banyaknya pebisnis yang mulai usaha dengan menggunakan teknologi dan internet. Saat ini mengembangkan bisnis tidak harus toko dengan fisik semata, adanya internet bisa digunakan untuk keperluan bisnis.

Apa itu machine learning?

Machine learning merupakan bagian dari artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Machine learning adalah ilmu komputer yang fokus terhadap penggunaan data serta algoritma untuk menyerupai kegiatan manusia dengan bertahap untuk meningkatkan akurasi.

Jenis-jenis teknologi machine learning

1. Supervised learning

Supervised learning adalah teknologi machine learning yang membagi data dengan cara memberi label tertentu. Cara kerjanya memasukkan informasi menjadi data input. Sedangkan outputnya berbentuk data berlabel. Machine learning ini bergabung dengan pemantauan dari manusia.

2. Semi-supervised learning (unsupervised)

Semi-supervised learning adalah kemampuan untuk mempelajari tanpa adanya pengawasan. Prosesnya dijalankan dalam dataset mentahan yang tidak ada label. Algoritma machine learning akan mengumpulkan pola dan relasi data tanpa adanya bantuan pengawasan.

3. Reinforcement learning

Reinforcement learning merupakan algoritma yang tidak dapat terlepas dari data science. Machine learning tipe ini memanfaatkan sistem positif-negatif dan rewardpunishment untuk cara bekerjanya. Algoritma pada metode reinforcement learning akan mempelajari dengan terus-menerus dari lingkungan dan kegiatan komunikasi yang berkaitan dengannya.

Manfaat dan keuntungan penggunaan machine learning dalam dunia bisnis

  1. Machine learning akan selalu berkembang dan jadi mesin yang dapat menyesuaikan dengan perkembangan.
  2. Machine learning dapat dikombinasikan dengan kecerdasan buatan untuk mengembangkan proses analisis sampai bermanfaat untuk menjalankan bisnis.
  3. Bisa mengumpulkan informasi dan wawasan secara real time.
  4. Bisa mencegah dan mengatasi penipuan. Machine learning bisa membantu mengembangkan kampanye pada digital marketing.
  5. Meningkatkan kepuasan konsumen karena adanya customer service yang secara otomatis akan berkomunikasi dengan para pelanggan.
  6. Bisa membuat biaya yang lebih hemat. Di dalam hal ini machine learning bisa membantu bisnis untuk mehemat semua biaya yang tinggi karena adanya sebuah kejadian.
  7. Bisa meningkatkan alur kerja (workflow). Machine learning tercipta untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada organisasi. Dengan begitu bisnis akan bisa menemukan solusi untuk menyelesaikan masakah sampai memperoleh bisnis yang lebih efisien.
Baca Juga : Kenali Machine Learning Untuk Analisis Data

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *