Skill Data Analyst

Yukk, Kuasai Skill Yang Dibutuhkan Data Analyst

Skill Data Analyst – Menjadi seorang data analyst bukan hanya mempunyai kemampuan untuk menganalisis, namun ada berbagai skill lain yang perlu dikuasai. Karena berkembangnya big data telah membuat banyak pekerjaan yang memerlukan kemampuan analisis data. Salah satunya yaitu seorang data analyst. Oleh karena itu, kamu harus menguasai skill apa saja yang perlu dimiliki oleh seorang data analyst.

Apa Saja Skill yang Diperlukan oleh Seorang Data Analyst?

1. SQL

SQL adalah bahasa query yang dibuat untuk mengambil sebuah informasi dari database, menurut Dataquest. Jika tidak memahami SQL, seorang data analyst tidak akan bisa menjalankan pekerjaannya dengan baik.

2. Bahasa pemrograman statistik

Skill data analyst yang ini berkaitan dengan bahasa pemrograman statistik yaitu R atau Python. Jika memanfaatkan dua bahasa pemrograman itu, kamu bisa menjalankan analisis data lanjutan dan prediktif terhadap berbagai data bervolume besar secara cepat.

3. Data visualization

Selesai mengumpulkan, menganalisis, dan merancang data, seorang data analyst akan membagikan penemuannya pada tim lain dalam perusahaan. Hal tersebut dapat dijalankan dengan membuat data visualization supaya hasil penemuan dapat dipahami oleh orang lain.

4. Berpikir kritis

Seorang data analyst harus tahu apa informasi yang harus dikumpulkan dan cara memprosesnya supaya dapat memperoleh insight. Jika tidak mempunyai skill berpikir kritis, tentu akan kesulitan saat menjalankan analisis data dari awal sampai akhir.

5. Komunikasi

Walaupun tugas utamanya yaitu mengumpulkan dan menganalisis data, namun pekerjaan ini juga tetap harus mempunyai kemampuan berkomunikasi. Apabila tidak mempunyai kemampuan bicara di depan umum, pasti akan kesulitan ketika menjelaskan hasil penemuannya.

Cara Untuk Mengasah Skill Data Analyst

1. Mengikuti webinar dari para ahli

Mempelajari langsung dari ahli pada bidang data analyst tentu akan membantu memperoleh banyak wawasan baru.

2. Mengikuti komunitas

Dilansir dari google, salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan analisis yaitu dengan mencari dan menemukan feedback. Mencari dan menemukan feedback dapat dengan menjalankan proyek secara bersama, mengolahnya, dan mempresentasikan hasilnya pada orang lain. Agar lebih mudah untuk melakukan kegiatan tersebut, kamu dapat mencoba mengkuti suatu komunitas.

Baca Juga : Ketahui Tools Analisis Untuk Pengolahan Visualisasi Data

Suatu kunci agar kamu dapat menjadi seorang data analyst yang handal yaitu dengan terus menerus belajar dan megembangkan kemampuan untuk upgrade ilmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *